Pages

Banner 468 x 60px

Facebook Luncurkan Fitur Verified Account

0 komentar


Seiring dengan perkembangan Facebook, ada sebagian oknum yang membuat akunnya dengan nama artis. Dampaknya, banyak pengguna yang tertipu atas keberadaan Facebook palsu tersebut.

Seperti yang dilansir dalam mashable.com, menyikapi hal tersebut, Facebook berupaya mencegah adanya akun palsu. Mereka meluncurkan fitur baru, yakni Verified Account, Kamis (16/2).

Fitur ini ditujukan bagi para artis untuk membenarkan keabsahan akun mereka. Rencananya, Facebook akan mengundang sejumlah artis untuk mengirimkan data diri mereka, seperti KTP dan Kartu Kredit. Setelah itu, jejaring sosial ini akan mencocokkan kartu identitas dengan data si pengguna tersebut di Facebook.

Tak hanya untuk artis, fitur ini juga akan ditujukan untuk pengguna lain dengan syarat akun si pengguna harus memiliki banyak "subscriber". Dalam Twitter, "subscriber" ini dinamakan "follower".

Tapi sayangnya, meski telah ada "verified account", Facebook tidak memberikan tanda keabsahan akun pada nama si pengguna. Hal ini dinilai menyulitkan pengguna lain untuk mengenali apakah akun artis tersebut benar-benar miliknya apa tidak. Bahkan, saat akun para artis sudah "sah", Facebook tetap membiarkan mereka untuk menggonta-ganti nama aslinya dengan nama samaran.

Hal ini sangat berbeda dengan jejaring sosial lain, seperti Twitter. Akun Twitter artis yang sudah diakui kebenarannya, akan diberi tanda yang centang berwarna biru di samping nama pengguna. Twitter telah terlebih dahulu meluncurkan fitur ini sejak 2009.

Sedangkan Google + juga telah menerapkan cara ini tak lama setelah jejaring sosial itu beredar. Jika akun Google + seseorang sudah "sah", akan ada tulisan "verified name" di samping kanan nama pengguna.(mashable.com/ULF)

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar