Pages

Banner 468 x 60px

Orangutan "rayakan" valentine

0 komentar


Empat orangutan asuhan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) "merayakan" hari valentine di hutan yang merupakan rumah mereka.

Tarzan (20 tahun), Astrid (17 tahun), Monik (9 tahun), dan Tantri (10 tahun) - dengan umur mereka perkiraan selama ini berada di kandang perawatan BOSF dan mereka dilepasliarkan pada 14 Februari.

"Rencananya mereka akan dilepasliarkan tepat pada 14 Februari, namun karena ada kendala administrasi terpaksa harus ditunda selama sepekan," kata CEO BOSF yang juga Presiden Direktur Restorasi Habitat Orangutan Indonesia (RHOI), Jamartin kepada ANTARA News.

Jamartin mengatakan keempat orangutan itu akan dilepasliarkan di kawasan hutan lindung Bukit Batikap, Kalimantan Tengah dan kembali ke alam bebas layaknya orangutan normal.

Menurut Jamartin, timnya akan tinggal di hutan (flying camp) selama sebulan untuk memantau keempat orangutan tersebut.

"Akan dilihat bagaimana kemampuan mereka di pondok monitoring dan selama setahun mereka akan diawasi," katanya.

Lebih lanjut dia mengemukakan ada 12 orangutan yang juga sudah menunggu untuk kembali ke 'rumah' mereka.

"Diharapkan bulan depan akan dilepas 12 orangutan di dua lokasi titik yang berbeda tepat dalam rangka hari bumi," jelas Jamartin.

Sejak 2001, ada 850 orangutan di kandang BOSF dan dalam perawatan. Sekitar 620 orangutan ada di Kalimantan Tengah dan 230 lainnya di Kalimantan Timur.
(M047)


Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar