Pages

Banner 468 x 60px

Ladies, Kenali Kista Payudara

0 komentar

Hati-hati kista payudara (Foto: Google)


KISTA payudara adalah pembengkakan padat berisi cairan dalam jaringan payudara. Kista hampir selalu berupa variasi anatomi yang normal, bukan penyakit serius.
Kista payudara paling banyak dijumpai pada wanita berusia 30-an, 40-an, dan 50-an, dengan puncaknya tepat sebelum menopause. Kista mungkin saja timbul pada wanita muda atau wanita pascamenopause, walaupun hal ini jarang terjadi.

Dokter mungkin akan menyarankan sitologi aspirasi jarum halus (Fine Needle Aspiration Cytology, FNAC) atau USG sebagai langkah selanjutnya untuk memastikan diagnosis. Lantas apa penanganannya?

"Pada kista, FNAC berfungsi sebagai alat diagnosis dan terapi. Aspirasi dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan tidak nyeri sebagai prosedur rutin di klinik payudara. Seluruh tindakan dapat dilakukan dengan panduan USG, sehingga memungkinkan Anda memerhatikan saat dokter memasukkan jarum, melakukan aspirasi kista, dan kemudian kista hilang. Kista besar yang mudah terasa dapat diaspirasi tanpa bantuan USG," tutur Dr Miriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga".

Lebih lanjut Stoppard menjelaskan, bahwa kista jarang bersifat ganas atau berbahaya.

"Jika ada bukti pertumbuhan sel dalam kista, ahli bedah akan membedah dan membuangnya," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar