Pages

Banner 468 x 60px

KBRI Jerman Siap Fasilitasi 'ESEMKA' dengan 'BMW'

0 komentar


The student made car, Kiat Esemka


REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin, Jerman, berjanji memfasilitasi penjajakan kerja sama antara perusahaan mobil Esemka dengan industri mobil besar, seperti BMW, VW, dan Mercedes Benz di Jerman.

"Kami mengundang Wali Kota Surakarta Joko Widodo beserta para instruktur pembuat mobil Esemka pada Maret 2012 datang ke Jerman," kata Wakil Kepala Perwakilan KBRI di Berlin Diah WM Rubianto usai bertemu dengan Wali Kota Surakarta Joko Widodo di Solo, Senin (30/1).

Ia menyanggupi akan memfasilitasi pertemuan antara pihak Esemka dengan pengelola idnustri mobil ternama seperti BMW, Mercedes, dan VW.

Ia mengatakan kerja sama pembuatan mobil antara Esemka dengan perusahaan mobil di Jerman itu bisa dilakukan dalam bentuk apa pun, tetapi yang terpenting dalam edukasi.

"Kerja sama dalam program pendidikan ini sangat penting karena dalam pembuatan mobil itu juga banyak melibatkan pelajar di sini (Solo)," katanya.

Dalam program edukasi ini, katanya, bisa Solo mengirimkan para instruktur untuk belajar di perusahaan-peruisahaan mobil di Jerman atau sebaliknya tenaga ahli dari Jerman dikirim ke Solo untuk melatih tenaga-tenaga yang ada.

"Kedutaan Besar Indonesia di Berlin sangat mengapresiasi semangat para pelajar SMK di Solo dalam merakit mobil Esemka. Untuk itu kami juga berharap dalam hal ini jangan hanya di kertas, tetapi juga harus diaplikasikan sehingga bisa menjadi kebanggaan bangsa dan negara. Kami akan bukakan pintu untuk melakukan kerja sama dalam pembuatan mobil ini," kata Diah.

Diah dalam kunjungan tersebut juga melihat secara langsung mobil Esemka yang dirakit oleh para pelajar Esemka yang dipamerkan di halaman Loji Gandrung, rumah dinas Wali Kota Surakarta. Dia bahkan juga sempat naik mobil tersebut.

"Mobil rakitan anak-anak kita juga bagus dan tampaknya sangat kuat. Sangat disayangkan kalau proyek ini berhenti di tengah jalan. Semestinya program ini harus didukung kita semua agar cepat jalan dan menjadi kebanggaan kita juga," katanya.

Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar